Rencana Evakuasi Kebakaran Yang Efektif Untuk Keselamatan Anda Dalam Kasus Darurat

Memiliki Rencana Evakuasi Kebakaran jika terjadi keadaan darurat sangat penting untuk evakuasi petugas bangunan yang teratur dan aman, meminimalkan penyebaran api, dan menyampaikan informasi bermanfaat kepada petugas pemadam kebakaran. Sebelum melakukan tugas darurat lainnya, pastikan keselamatan diri Anda terlebih dahulu dan lebih penting siapkan juga jalur evakuasi kebakaran.

Bila Anda mengidentifikasi bahwa ada api, segera tarik alarm kebakaran terdekat untuk menginformasikan penghuni bangunan lainnya. Cari telepon dan hubungi Pemadam Kebakaran untuk meminta bantuan. Beri mereka informasi yang diperlukan dan benar tentang lokasi Anda sehingga mereka dapat segera membantu Anda.

Pemadam api dengan rak dijamin-kehidupan adalah harus memiliki di setiap rumah dan bangunan. Harus ada setidaknya satu unit di setiap lantai atau satu di setiap ruang seluas 200 meter persegi. Ini akan membantu Anda mengatasi kebakaran pada tahap awal.

Jika api hanya kecil, ambil dan gunakan alat pemadam api. Gunakan prosedur yang terkait dengan akronim "PASS".

Tarik pin pemadam dan tahan kira-kira enam sampai delapan kaki dari api
* Arahkan nosel ke dasar pangkalan
Peras pemicu
* Sapu selang pemadam bolak-balik sampai Anda benar-benar memadamkan api atau sampai alat pemadam api dikosongkan.

Jika api padam, laporkan kejadian tersebut ke Pemadam Kebakaran sehingga mereka bisa menyelidiki penyebab kebakaran untuk pencegahan di masa depan.

Jika Anda gagal memadamkan api, lakukan rencana evakuasi yang tepat. Saat mengungsi, jalan saja, jangan lari, dan usahakan tetap tenang. Matikan semua peralatan listrik Anda, biarkan lampu menyala, dan tutup semua jendela dan pintu. Jika Anda perlu melewati asap, merangkak rendah. Ingat untuk tidak menggunakan lift. Pergilah ke area aman di luar gedung dan tunggu personil tanggap darurat. Jangan pernah masuk kembali ke gedung dan mencoba untuk menyimpan barang-barang pribadi Anda. Pikirkan keselamatan Anda terlebih dahulu. Jika menurut Anda seseorang hilang atau terjebak di dalam gedung, informasikan kepada petugas darurat. Anda hanya bisa masuk kembali ke gedung bila disarankan melakukannya oleh petugas Pemadam Kebakaran untuk memastikan tempat itu sudah aman.

Saat Anda terjebak di dalam ruangan, tutup pintu dan letakkan beberapa ruang di sekitar pintu agar asap tidak masuk ke dalam kamar Anda. Letakkan kain basah di mulut Anda untuk dijadikan saringan. Tunggu di dekat jendela dan beri tanda untuk meminta bantuan. Anda bisa menggunakan handuk, kain, dan hal-hal lain yang bisa dengan mudah diperhatikan dan dilihat. Jika pakaian Anda terbakar, jangan lari, bukannya berhenti, terjatuh, dan gulung!

Rencana Evakuasi Kebakaran Anda agar efektif harus diperbarui dan ditinjau setiap tahun atau setiap kali ada perubahan pada struktur bangunan. Semua penghuni harus dilatih dengan benar tentang apa yang harus dilakukan dan bagaimana melepaskan diri dari bangunan selama situasi darurat. Semua orang harus sadar di mana rute pelariannya. Pastikan rute pelarian itu pendek, ditandatangani dengan benar, dan jalur tidak diblokir. Memasang sistem penerangan darurat sehingga tidak akan terlalu sulit untuk menemukan rute pelarian saat keadaan darurat terjadi pada malam hari.

Waktu adalah musuh terbesar jika terjadi kebakaran. Setiap detik dihitung karena dalam waktu kurang dari tiga puluh detik, nyala api kecil bisa berubah menjadi api besar. Itulah sebabnya, Rencana Evakuasi Kebakaran yang sehat dapat meningkatkan kesempatan Anda untuk bertahan hidup dan dapat menyelamatkan lebih banyak nyawa!

0 Response to "Rencana Evakuasi Kebakaran Yang Efektif Untuk Keselamatan Anda Dalam Kasus Darurat"

Posting Komentar